Fakta Agar Serp Bagus di Google Panda

Update google panda semenjak tahun 2011 sebenarnya sudah membuat gelisah para internet marketer dunia dan juga pelaku optimasi seo dan puncaknya adalah google panda di awal november 2011 yang sebagian menyebutnya google panda versi 2.5 dan versi 2.6. Sebenarnya google panda mengupdate algoritmanya bertahap (mungkin agar tidak terlalu membuat orang shock) tapi efek yang sangat terasa adalah pada update november ini atau versi 2.6 dan menurut saya ini sudah final (hanya pendapat saja). Kenapa sebegitu hebohnya? yah bagi orang biasa masa bodoh dengan hal ini tapi lain halnya bagi internet marketing, pelaku seo dan blogger yang cinta seo serta kontes seo ini salah satu isu yang cukup jadi perhatian.

Ada beberapa hal positif dari algoritma panda ini sebenarnya yaitu, bagi para pencari informasi melalui google akan mendapat info yang lumayan akurat serta di perlihatkan versi lamanya artikel tersebut terbit. Bagi webmaster dengan algoritma panda mereka bisa dengan mudah menjadikan web/ blognya ber-authority kuat meski belum ber pagerank sama sekali. Saya sendiri akan mencoba menjelaskan secara singkat berdasarkan pengamatan beberapa waktu ini mengenai google panda, apa yang di mauinya serta yang di benci oleh si panda ini, hal ini berdasarkan artikel yang di ikut sertakan di kontes seo adira yaitu Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia dan itulah gunanya ikut kontes seo, kita lebih sensitif akan algoritma google indonesia, berbeda jika artikel biasa sulit untuk di jadikan patokannya.

Seperti artikel sebelumya Cara Google panda update terbongkar bahwa google panda sangat membenci duplikasi konten, dan menyukai fresh artikel atau artikel lama di edit/ update. Posting baru yang belum memiliki backlink pun dengan mudahnya masuk halaman depan google selama artikel post tersebut unik dan berkualitas. Unik dalam artian di tulis apa adanya (meski dengan bahasa sehari-hari) dan berkualitas berarti informatif dan bermanfaat bagi pembacanya meskipun hanya berupa pendapat pribadi dari si penulis/ admin blog, bisa juga dengan posting seadanya yang mempunyai unsur kontroversi sehingga memancing para pembaca untuk menyimaknya, apalagi jika pengunjung blog sampai menyempatkan berkomentar akan postingan tadi.

Apakah semua postingan fresh langsung masuk di halaman pertama? jawabannya ya selama keyword yang di incar sedikit, dan jawabannya tidak jika kata kunci yang di incar sangat strategis atau yang sedang diperebutkan di seo contest. Google panda memiliki sistem crawl/ perayapan yang lebih pendek dari sebelumnya termasuk trafik sebuah website atau blog (kalau di blogger seperti stats/ traffik hingga menit terakhir), terlihat menit terakhir saat saya posting tentang Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia. Hanya website yang ber authority kuat yang akan tampil di halaman depan google untuk kata kunci yang strategis. Pertanyaanya authority seperti apa yang bagus di google panda saat ini? coba kita uraikan sedikit seperti di bawah ini.

Authority sebuah blog di update panda:
1. Weblog yang sedikit memiliki artikel copy paste (copas) dan meskipun copas artikel tersebut menyelipkan link sumber di dalamnya, tidak peduli walau harus menggunakan rel nofollow. Karena dengan cara itu antara blog yang di copy paste dan yang mengkopi seperti bergandengan tangan menaiki search engine result pages (serp) google, dan jika blog yang mengkopi memiliki authority kuat serta backlink banyak malah bisa lebih bagus dari blog yang di copy paste.

2. Onpage yang terstruktur (bagus) seperti meta tag dan sebagainya, ringan loadingnya serta memiliki artikel yang banyak di cari dan informative.

3. Blog yang memiliki banyak unik artikel dan informatif.

4. Google panda di indonesia juga demam naturalisasi serta sinetron, natural dalam traffik dan backlink dan seperti sinetron (cinta fitri) yaitu artikel bersambung di dalam blog sendiri. Jika ingin kuat di sebuah keyword phrase, google panda menyukai artikel yang berkesinambungan membahas tentang keyword yang di incar, atau seperti session. Bagian pertama artikel mungkin hanya tulisan seputar informasi dan cikal bakal tulisan tersebut, kemudian di susul artikel lain tentang lainnya dengan memberikan link back ke artikel yang di incar agar bagus di serp.

5. Backlik masih perlu cuma porsinya tidak se dahsyat dulu karena google juga ingin mengurangi unsur spamming, ini kabar bagus juga bagi yang kurang begitu giat mencari backlink. Backlink yang terbaik jadi pilihan panda dan saat ini masih di duduki oleh blogroll di website, press release serta artikel direktories/ kontekstual backlink.

6. Seperti biasa submit rss kelayanan free submit rss, karena hingga saat ini rss adalah cara ternatural untuk mendistribusikan isi sebuah blog/ artikel post.

Lalu bagaimana kok blog lama masih belum juga mempunyai nilai authority bagus di google panda? sedangkan blog baru sudah bisa mengalahkan mereka?, coba kita bahas dikit yaitu:

1. Introspeksi isi blog kita, Lakukan bersih-bersih di internal blog kita, cek artikel yang sudah kadaluarsa alias tidak informatif lagi, hapus/ delete saja artikel tersebut karena postingan tersebut akan seperti benalu bagi blog anda. Kalau tidak mau pusing edit ulang isi posting tersebut dan isi dengan update sesuai informasi yang ada sekarang.

2. Jika terlanjur memiliki banyak artikel copy paste, edit ulang dan lampirkan sumbernya atau edit ulang sesuai tulisan anda. Hapus postingan tadi lalu submit untuk di hapus dari indeks dan cache google link tersebut di google webmaster.

3. Cek url yang error, biasanya sudah kita delete atau masih berupa draft posting. Jika masih draft (padahal sudah pernah di publikasikan) segera di publish atau hapus saja dan submit di daftar penghapusan google webmaster.

4. Google panda lebih mengawasi blog dummies so be careful.

5. Keyword stuffing, jangan berlebihan keyword di artikel dan juga di template blog kita, hal ini juga terlihat ketika saya coba memperpanyak kata kunci artikel Ban Terbaik di Indonesia GT Radial. Jangan lupa juga menambahkan rel canonical jika memassang menu link.

6. Umur domain juga masih memegang berperan penting.
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Unknown
admin
6/12/11 ×

Makasih informasinya mastah, sangat bermanfaat nich bagi newbie seperti saya. Gimana posisi serp-nya ? Artikel ente yang century di posisi ke-1 ketika pake opera mini, tapi kok sepertinya masih kena sandbox ya ketika pake browser desktop. Kenapa bisa begitu ya mastah ?

Reply
avatar
Subhan
admin
6/12/11 ×

Nah itu dia ane juga masih bingung nih gan..

Reply
avatar
12/12/11 ×

info yang bagus gan...

Reply
avatar
1/1/12 ×

Luar Biasa sekali.Review blog saya dong gan.Jika berkenan.Lumayan ternyata habis membaca artikelnya.Lumayan banyak yang perlu di perbaiki sepertinya.

Reply
avatar
Posting Komentar
Thanks for your comment