Trik optimalkan speed artikel post dengan static homepage widget

Seperti kita ketahui bahwa page speed loading merupakan salah satu pertimbangan dari google, tentunya akan berpengaruh juga dengan seo blog kita. Tapi kadang kita perlu widget untuk memperindah blog kita, atau jika submit blog untuk dapat backlink, tidak jarang banyak yang meminta reciprocal link, yaitu mereka meminta kita memasang banner atau linknya di blog kita, belum lagi ditambah link sahabat blog kita (blogroll).Jika sudah demikian pastinya akan menambah kilobite page blog.

Solusinya:
Kamu bisa memasang pernak-pernik widget, link list/blogroll, reciprocal link directories dll tersebut hanya di homepage saja, dengan demikian kita tetap bisa mengoptimalkan speed/kecepatan loading single post/artikel kamu, sudah banyak blogger yang membahas caranya.

Caranya yaitu :

1. Login ke akun blogger kamu
2. Pilih Rancangan
3. Klik add gadget, pilih html/javascipt
4. Masukkan kode widget yang ingin dipasang, jangan lupa diberi judul (untuk memudahkan diedit template), kita ambil contoh judulnya "contoh".
5. Klik save
6. Sekarang klik edit html template kamu
7. Centang expand template widget (jangan lupa download template dulu untuk jaga-jaga)
8. Cari Judul "contoh" tadi yang barusan kita pasang
9. Tambahkan kode <b:if cond="data:blog.url == data:blog.homepageUrl"> tepat dibawah kode <b:includable id="main">, lalu tambahkan kode
</b:if> tepat diatas <b:include name="quickedit">, sehingga kodenya menjadi seperti berikut :

<b:widget id='HTML1' locked='true' title='contoh' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<b:if cond='data:title != ""'>
<H3 class='title'><data:title/></H3>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:if>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

Nah kode warna merah itu yang kita tambahkan, klik save. Widget tersebut hanya akan terlihat di homepage saja, sedangkan jika di single post/permalink artikel akan tidak ada lagi. Dengan cara ini kita bisa mempercepat loading artikel blog kita dan tentunya akan memaksimalkan seo permalink post, karena jika tidak memakai cara ini, artikel blog kita pasti lebih berat dari homepagenya, kenapa?? coz ada related post (jika kamu pakai), menu breadcrumb, permalink tag, dan komentar-komentar tentunya.

Tambahan : Jika ingin kebalikannya, yaitu hanya menampilkan di postingan/permalink artikel dan dihomepagenya tidak ada, kamu hanya perlu mengganti kode <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> dengan kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>.
Previous
Next Post »
Poskan Komentar
Thanks for your comment