Meluruskan persepsi wiki

Sekedar meluruskan persepsi dan arti wiki sebenarnya, yaitu wiki berartis anyone can edit dan info panjangnya bisa dilihat di wiki. Hal ini agar kita tidak salah pengertian dengan maksud dan fungsi wiki ataupun wikipedia.

Jadi siapapun bisa mengedit sebuah wiki meski seharusnya bisa dipertanggung jawabkan, namun banyak juga yang menulis di wiki tentang artikel kontes seo. Memang cukup bagus juga untuk mencari backlink dan traffic dengan membuat wiki. Saya sendiri sudah sering membuat artikel wiki untuk cari backlink dan traffic tapi sering juga di edit orang dan lebih parah di hapus linkback bahkan wikinya dihapus sama sekali. Meski bebas tapi masih ada etika yg harus di jaga dalam mengedit sebuah wiki, yaitu link yg ada jangan dihapus.

Apakah kita mesti marah dan protes?, tetap kita tidak bisa karena sifat wiki adalah siapa saja bisa mengeditnya bahkan ngehapusnya. Protes wiki kita diedit orang justru akan menunjukkan betapa ceteknya pengetahuan internet kita sendiri karena secara simple adalah "jangan membuat wiki jika tidak mau di otak-atik oleh pengguna internet lain". Sebenarnya ada layanan membuat wiki profesional berbayar dan hanya bisa diedit oleh pemiliknya.

Artikel ini menindak lanjuti dari komentar di artikel saya di ban gt radial oleh salah satu "pemenang kontes seo gt radial" (dalam tanda kutip?) yang meributkan link yang saya tanam Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik. Seperti ane bilang bahwa ane sudah bosan buat wiki dan akhirnya diedit dan dihapus orang, tapi tidak pernah meributkannya.

Baru ini dalam sejarah internet ada yang mencak2 wiki gratis di edit orang?. Simple "jangan buat artikel di wiki kalo ga mau diapa-apain orang.
Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
yoetama
admin
12/2/12 ×

seep mas han, mungkin lagi sensi dan yang penting ada kejelasan dan bagaimana menindak lanjutinya, toh ada cara yang lebih baik dari pada meributkan semacam itu, link wikinya sudah dihapus kan ?

Reply
avatar
Subhan
admin
12/2/12 ×

sensi gimana sob?, orang baru aja dikasih menang di ajang kontes sanbox masa masih sensi..

Reply
avatar
Iklan Baris
admin
18/2/12 ×

Iya juga gan.. backlink dari wiki bagus, tpi ya sedia resiko diedit

Reply
avatar
20/2/12 ×

Om subhan, bahas facebook fans page like jacker atau sejenisnya dong kayak yg dipake dona alfian com, ketika mengklik dimana pun automatis like fans page nyah.. He... :-)

Reply
avatar
Unknown
admin
21/2/12 ×

@dropship herbal : wuih ada facebook fans page like jacker juga toch. Gimana toh caranya, biar nanti kalo ada penjurian kontes lainnya untuk kualitas artikel ane bisa menang nich, karena keliatan yang ngelike banyak jadi ribuan gitu. Terus sekalian aja kalo ada plugin lainnya seperti retweet atau like google plus. Ane juga mau donk..lumayan kan kalo bisa menang di kontes-kontes yang melibatkan kualitas artikel seperti kontes ban gt radial atau kontes apa aja gitu yang sekarang lagi marak. :D

Reply
avatar
21/2/12 ×

xixixixi,,,, Black Hat, berbayar om Asep... 27 - 37 dolar coba aaja search ke mbah google facebook like jacker... klo ane mah msh pebisnis kecil2an, akun paypal aja kgk pny aplg krt kredit, kgk kyk ente om Asep... PNS Nyentrik... xixixi, kyknya ad yg mau ngundang2 nih klo naik golongan... ditunggu ya... He... Salam Hormat,,, Farah Herbal... :-)

Reply
avatar
Unknown
admin
22/2/12 ×

@Cream Anisa : Owh black hat tho, tapi kok bisa menang kontes artikel ya. Perlu dibahas kayaknya nich, gak cuma seo black hat, tapi black hat konten. Juri sering ketipu nich untuk urusan kayak ginian. Celakanya yang jelek-jelek malah biasanya ke para seo-er ya jarang ke yang black hat content.
Kalo untuk paypal ane ada tuch tapi isinya juga sedikit banget. Tuk buat akun paypal gak perlu kartu kredit gan, ribet. Minta urusin orang lain aja. Ah..lagi banyak kerjaan nich jadi gak optimal di kontes Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik, gak kaya optimasi ban gt radial, optimasinya maksimal meskipun hasil tak memuaskan, untuk kontes software kemungkinan menang kecil.

Reply
avatar
30/4/12 ×

Lagi cari2 info tentang wiki nih, coz ane blum paham mengenai backlink wiki. Oo.. ternyata ada resikonya juga ya.. Thx infonya...

Reply
avatar
Posting Komentar
Thanks for your comment