Hindari link keluar atau out link

Link keluar adalah link dari website atau blog luar yang ada di posting kita. Kalau yang dikomentar itu tidak masalah karena blog memang untuk saling berkomentar, begitu juga blogroll atau tukar link.

Kadang para blogger terlalu fokus pada backlink sehingga lupa akan outlink. Seperti kata blogger senior bahwa peringkat pagerank itu juga dipengaruhi backlink dan outlink.

Outlink yang berbahaya yang bisa menurunkan nilai PR ( pagerank ) sebuah blog adalah link keluar yang ada di postingan kita. Karena jika terlalu banyak maka spider search engine akan mengira blog kita rawan malware, atau sarangnya spam.

Yah sebenarnya kita pakai logika juga bisa, blogger itu gratis dan jika kita terlalu banyak memakan bandwidth layanan mereka, tentu mereka tidak begitu suka sama kita. Seperti halnya wordpress yang jika kita terlalu banyak iklan, mereka akan mensuspend kita.

Begitu juga diblogger, cuma mungkin pihak blogger (blogspot) lebih halus dibanding wordpress.
Perlu kita bedakan bahwa blog kita itu harus dijadikan pusat informasi, bukan pusat layanan. Maksudnya???

Jelasnya seperti ini :
Kita boleh memanjakan para pengunjung blog kita dengan info yang seakurat-akuratnya, namun jangan membuat kita berlebihan sehingga akan merugikan kita sendiri.

Mungkin sobat masih bingung, hehe sorry kalau bahasa saya agak ribet, contohnya begini :

Kita posting info tentang sebuah aplikasi atau layanan bagus dari sebuah website, lalu kita membuatkan anchor teks yang menuju ke website itu, biasanya kita tulis Klik disini, web ini, download disini, dan lainnya.

Seandainya kita memang kepengen seperti itu, kita harus menambahkan kode rel="nofollow"

Namun dimata server data dan spider search engine, itu tetap link keluar. Karena sebuah link tetaplah link walau dibuatkan anchor teks.
Bayangkan jika jumlah arsip post kita banyak dan sebagian menautkan ke web/blog luar, tentu backlink kita akan sia-sia karena terkuras oleh outlink.

jadi tuliskan saja alamat web tersebut, karena kita bukan web profesional dan jadikan isi posting kita bersih. Inilah salah satu alasan walau kita sudah memakai template seo friendly dan ringan tapi blog kita masih kurang optimal.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
27/4/11 ×

ahhh gak juga kuq asalkan relavan dan tidak banyak2x seperti nyepam ^_^

Congrats bro Sealkazz MiZzu you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Poskan Komentar
Thanks for your comment