Atur Parameter Webmaster tools blogger

Seperti kita ketahui blogger atau blogspot itu paling rawan terjadi duplikat, baik itu deskripsi, content, judul, label dll, terutama label karena kita biasanya menandai sebuah posting lebih dari satu label. Pihak google dan blogger sudah sudah sepakat kalau label blog itu sudah tidak diperhitungkan lagi, dan dari blogger sudah otomatis ada script yang didalamnya mengadung rel canonical, jadi sedikit membuat kita lega.


Walau begitu tetap saja blogspot dari blogger penuh dengan duplikat, dan tentu saja akan berpengaruh dengan akses perayapan mesin pencari. Coba kita perhatikan di template kita ada kode blogID=angka blog kamu, postID=judul post kamu, kode huruf dan sebagainya.


Jadi meski blog kita sudah ada kode rel=canonical, tidak ada salahnya kita buatkan parameter agar search engine semakin senang merayapi blog kita. Jika crawl aksesnya lancar, berarti cepat terindeks dan otomatis jadi lebih optimal seo blog kita.
Blogger tidak seperti web statis yang lebih enak mengabaikan/ignore duplikat konten, sebab posting diblog bisa ratusan.


Ok kita sekarang seting parameter di webmaster tool untuk menghindari duplikat konten tadi.
Caranya buka www.google.com/webmasters/tools, lalu pilih blog yang akan disetting. Pada dashboard url, pilih site configuration (konfigurasi situs), lalu klik settings (setelan).


Nah dibawahnya klik menu Adjust parameter settings, lalu klik Add parameter. Didalam kolom itu isikan unsur2 duplikat blog kita, yaitu :


1. Angka akun kamu ( contoh 01917497151671071193 )itu kode akun profile (author)blog kamu. Klik add parameter lagi dan isikan
2. BlogID
keterangan : itu judul blog kamu (atau tambahkan satu lagi kode angka blog kamu)
3.postID
keterangan : itu untuk judul2 artikel post kamu.
4. post_date
ket : tanggal, itu sebagai tambahan saja, tidak juga ga apa-apa.


Ini sebenarnya trik tambahan saja agar blog dan postingan kita mudah di indeks.

Untuk melihat kode angkanya, sobat bisa lihat di dashboard atau klik kanan tampilan blog kamu dan pilih View Page Source

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Adsanjaya
admin
6/2/12 ×

makasih ya infonya

http://www.adsanjaya.com

Congrats bro Adsanjaya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Posting Komentar
Thanks for your comment